Monday, June 13, 2011

Makanan dan minuman yang membuat tulang menjadi rapuh

http://hermawayne.blogspot.com
Ketika membicarakan tentang makanan dan kesehatan, biasanya kita akan membicarakan tentang makanan yang dapat menambah berat badan kita/mengurangi berat badan kita dan juga makanan berlemak dan kaitannya dengan jantung dan pembuluh darah kita.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa makanan yang kita makan tidak dapat mempengaruhi tulang kita. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang dapat melemahkan tulang kita dan mencegah tulang kita mendapatkan mineral yang seharusnya sehingga membuat kita mengalami osteoporosis yang paling banyak mengancam para wanita. Apa saja makanan yang dapat membuat tulang kita rapuh?

Garam
Garam dapat membuat tulang kita rapuh karena garam dapat menguras kalsium dari tulang dan membuatnya rapuh. Wanita yang telah mengalami menopause dan memakanan makanan yang banyak mengandung garam akan memiliki tulang yang lebih rapuh dibandingkan mereka yang tidak memakan garam yang berlebih.

Soft Drinks
Soft drinks dan minuman bersoda mengandung phosphoric acid, yang dapat meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan/dibuang melalui urine. Sebaiknya perbanyak konsumsi susu dan kurangi minuman bersoda dan soft drink.

Makanan Berlemak
Sebagian besar makanan berlemak mengandung hydrogenated vegetable oils, seperti margarin yang dapat menghasilkan asam lemak trans yang berbahaya bagi jantung kita dan menghancurkan vitamin K yang kita butuhkan untuk menjaga agar tulang kita kuat dan sehat.

Kafein
Kafein memiliki efek yang sama seperti garam bagi tulang kita, namun tidak sebesar efek yang ditimbulkan oleh garam. Walaupun secangkir kopi memang dapat membuat tulang kita menjadi rapuh, namun teh yang juga mengandung kafein dipercaya dapat membuat tulang menjadi lebih kuat pada wanita yang telah berumur.

Alkohol
Alkohol dapat mencegah kalsium yang Anda konsumsi untuk diserap. Minum minuman beralkohol mencegah tulang Anda tetap kuat dan menghambat proses peremajaan tulang yang dilakukan oleh sel-sel dalam tulang Anda.

Kedelai
Walaupun produk dari kacang kedelai kaya akan protein dan membuat tulang Anda kuat, produk dari kacang kedelai mengandung zat yang dapat mencegah penyerapan kalsium secara baik. Kacang kedelai mengandung zat yang dikenal sebagai oxolates yang jika bercampur dengan kalsium dapat mencegahnya kalsium diserap oleh tubuh.

Sumber : msn.com

0 comments:

Post a Comment