Friday, March 4, 2011

Masalah dan Solusi Kesehatan di Usia 40-60 Tahun

Masalah dan Solusi Kesehatan di Usia 40 60 Tahun

MASALAH dalam hidup tak akan pernah usai, selalu saja akan ada hal baru setiap harinya di setiap aspek kehidupan kita. Setelah sebelumnya kita tahu apa saja masalah yang mungkin akan mendera kita di usia 20 dan 30 tahun, berikut jabaran masalah apa saja yang kira-kira akan muncul saat kita usia 40, 50, dan 60 tahun.

1. Usia 40-an:
a. Ancaman kesehatan: penambahan berat badan
Sebagian besar perempuan berusia antara 40-55 tahun biasanya akan mengalami penambahan berat badan dan memicu risiko diabetes. Untuk itu, tantangan terbesar kesehatan Anda di usia 40 yakni menjaga berat badan. Lakukan olahraga yang melatih otot, seperti angkat beban.

b. Masalah hubungan:
Ini adalah masa ketika kehidupan seks Ands mulai mengalami kejenuhan hingga Anda bisa mengabaikan perhatian dan kasih sayang. Ini sering kali menyebabkan ketidakpuasan. Sesuatu yang sederhana seperti berpindah tempat saat berhunbungan seks dari kamar tidur ke ruang tamu atau berhubungan seks di pagi hari untuk variasi bisa menyegarkan hidup Anda.

c. Masalah kejiwaan: depresi
menurut studi, usia di awal 40-an sangat rentan depresi. Jangan remehkan stres pada usia ini.Anda boleh saja mencari bantuan melalui terapis. Atau, olahraga juga bisa membantu mengatur suasana hati Anda yang meningkatkan endorphin yakni hormon pelepas rasa senang di dalam tubuh.

2. Usia 50-an
a. Ancaman kesehatan: penyakit jantung
Meski penyakit yang paling disorot pada perempuan adalah kanker payudara, tapi ternyata perempuan berisiko lima kali lipat lebih besar terkena penyakit jantung ketimbang pria. Untuk itu, selalu pantau kadar kolesterol dan kurangi konsumsi lemak jenuh. Lakukan pemeriksaan darah secara rutin dan jaga berat badan. Jalan santai selama 30 menit setiap harinya bisa sangat membantu.

b. Masalah hubungan:
Menopause bisa menyebabkan kekeringan pada vagina. Itu terkadang bisa menurunkan hasrat seksual ditambah dengan perubahan hormon. Berbagai perubahan itu, termasuk perubahan psikologis dan fisik, bisa membuat Anda merasa kurang diinginkan. Cobalah temukan sisi baik menopause, Anda tak perlu lagi menggunakan alat kontrasepsi dan bisa lebih sering berhunbungan seks, apalagi tak ada anak-anak di rumah yang bisa mengganggu Anda karena mereka telah hidup sendiri.

c. Masalah kejiwaan: merasa kecewa
Di usia 50, Anda bisa saja merasa kecewa tentang hilangnya kesempatan atau merasa tak puas atas kehidupan yang telah dijalani. Cobalah pandang usia ini sebagai puncak dari tahapan kehidupan Anda. Jangan menyesali yang lalu, carilah tantangan baru yang membuat Anda bersemangat.

2. Usia 60-an
Ancaman kesehatan: tulang dan sendi
Nyeri, sakit dan patah tulang bisal lebih sering terjadi di usia ini. Untuk itu, Anda tetap bisa melakukan latihan beban ringan. Coba minum susu kaya kalsium dan suplemen vitamin D. Jagalah berat badan dan tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih.

b. Masalah hubungan:
Kehidupan seks Anda akan semakin memudar di usia ini, apalagi dengan banyaknya asumsi bahwa lansia sudah tak berhubungan seks lagi. Kenapa mesti terhenti? Anda tetap bisa berhubungan seks dengan alas an yang sama seperti kala Anda muda dulu. Untuk menunjangnya, Anda mesti menjaga dan merawat diri sendiri.

c. Masalah kejiwaan: emosional
Di usia ini, Adna bisa mulai kehilangan memori dan demensia. Solusinya, cobalah tetap aktif, minum suplemen dan tetaplah ramaikan hubungan sosial Anda

0 comments:

Post a Comment