Tuesday, August 24, 2010

INILAH 9 PERSIAPAN SEBELUM ANDA KE KAMAR OPERASI



Menunggu saat untuk dioperasi butuh persiapan fisik dan mental agar tidak gelisah. Persiapan yang baik juga dapat mencegah komplikasi yang muncul sebagai risiko di setiap prosedur pembedahan.

Adanya luka dalam setiap pembedahan membuka peluang bagi bakteri atau mikroba lain untuk masuk dan menyebabkan infeksi. Begitupun setelah dijahit, pasien masih harus berhadapan dengan banyak faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan luka, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (24/8/2010).

1. Apabila memungkinkan, lakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum menjalani operasi.
Dalam kondisi bugar, jantung dan paru-paru akan lebih mudah menyalurkan oksigen ke jaringan sehingga proses penyembuhan luka bisa lebih cepat.

2. Hentikan penggunaan obat-obat antipenggumpalan darah seperti warfarin, konsultasikan dengan dokter jika sedang dalam masa pengobatan.

3. Perbanyak minum air putih, kira-kira 2 liter perhari selama beberapa minggu sebelum operasi.
Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, sebab distribusi oksigen ke jaringan akan terhambat sehingga penyembuhan luka menjadi lebih lama.

4. Apabila akan menjalani operasi besar, pastikan dokter atau perawat mengukur kadar cairan tubuh karena dehidrasi bisa terjadi tanpa didahului tanda-tanda tertentu.

5. Patuhi jika ada anjuran untuk berpuasa beberapa jam sebelum operasi.

6. Sebelum menjalani operasi, gunakan sabun antiseptik untuk mandi.
Tujuannya untuk mengurangi risiko infeksi oleh bakteri jahat yang menempel di tubuh.

7. Jika merasa gelisah, mintalah dokter untuk menjelaskan prosedur yang akan
dijalankan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

8. Tanyakan juga kemungkinan efek yang akan terjadi selama masa pemulihan, supaya bisa ikut mengamati sendiri apabila ada yang tidak normal setelah operasi.

9. Jangan menerima karangan bunga di ruang perawatan, karena akan menarik debu yang susah dibersihkan.


DETIK

0 comments:

Post a Comment